Jumat, 10 September 2010

10 Tokoh Dunia Tertragis (Julius Caesar)

Muhammad Aulia Iskandar Muda (Pengamat Sejarah)

2. Julius Caesar (13 Juli 100 SM - 15 Maret 44 SM)

Julius Caesar adalah seorang pemimpin militer dan politikus Romawi. Beliaulah yang membuat kerajaan Romawi menjadi kuat dan mampu memperluas kekuasaannya hingga ke Gaul(Perancis), melancarkan serangan pertama ke Inggris (meski tidak mengusai seluruhnya dan diteruskan oleh raja-raja sesudahnya) dan pengaruhnya masih berbekas hingga sampai saat ini.

Beliau bertarung selama perang saudara melawan Pompeius yang berasal dari senat. Beliau berhasil mengalahkannya di Yunani. Akibatnya beliau pun menjadi diktator Romawi seumur hidup dan memusatkan pemerintahan yang makin melemah dalam republik tersebut.

Pada masa itu di abad ke-2  sebelum masehi orang-orang Romawi sudah berhasil mengalahkan Cartago yang dipimpin oleh Hannibal Barca.  Penaklukkan ini membuat mereka memiliki harta yang melimpah ruah. Tetapi keadaan kacau karena banyak peperangan yang terjadi. Senat Romawi, yang asalnya hanya semacam dewan kecil tidak mampu mengatur kekuasaan yang demikian luasnya. Korupsi pun merajalela di pemerintahan Romawi.

Caesar membawahi propinsi Cisalpine Gaul (bagian utara Itali); Illyricum (daerah pantai Yugoslavia kini); dan Narbanese Gaul (pantai Perancis sekarang) sewaktu menjadi Gubernur. Di bawah komandannya saat itu ada empat pasukan Romawi yang beranggotakan 20.000 tentara. Selam tahun 58-51 SM Caesar menggunakan pasukan itu untuk menyerbu sisa-sisa kekuasaan Gaul, bagian-bagian dari Swiss, Belanda dan Jerman. Keberhasilan ini mengangkat pamor Julius Caesar. Sehingga kembali dari sana beliau dianggap sebagai pahlawn kemenangan Romawi. Dan penaklukkan ini sangatlah penting mengingat Gaul merupakan pelindung Romawi dari ancaman musuh di wilayah utara selama beratus-ratus tahun.

Ketika komando militernya berakhir dia diperintahkan oleh Senat Romawi kembali ke Roma dan menjadi penduduk biasa. Caesar tahu itu adalah ide lawan-lawan politiknya untuk menghancurkan karier politiknya.  Oleh sebab itu di malam tanggal 10-11 Januari 49 SM, dalam pertempuran terbuak dalam melawan pasukan senat, Caesar memimpin pasukannya menyeberangi Sungai Rubicon di belahan utara Italia menuju Roma.

Hal ini merupakan langkah melanggar aturan karena tak lain merupakan suatu pemula perang saudara antara pasukan Julius Caesar dengan pasukan yang masih setia terhadap senat. Pertempuran berlangsung tak kurang dari 4 tahun lamanya yang akhirnya dimenangkan Caesar. Pertempuran penentu terjadi di Munda, Spanyol, tanggal 7 Maret 45 SM.

Setelah itu, Julius Caesar mengambil pemerintahan dan menjadi diktator seumur hidup.  Beliau juga sempat menduduki Alexandria, ibukota Mesir. Tetapi, dikembalikan ke Cleopatra atas bujuk rayunya dengan syarat menjadi istri gelapnya. Namun banyak yang dendam kepadanya termasuk senator-senator yang dulu dikalahkannya . Akhirnya Julius Caesar ditusuk hingga meninggal dalam sebuah sidang Senat oleh Marcus Junius Brutus dengan berkomplot dengan senator lainnya.

Namun ini merupakan akhir dari Romawi yang berbentuk Republik. Akibat kejadian itu terjadi ketegangan antara pendukung Augustus dan pendukung senator Antonius karena kedua-duanya merasa berhak untuk menguasai tahta kerajaan dan sama-sama orang terdekat Caesar. Tetapi terjadi kesepakatan antara Augustus dengan Antonius. Augustus menjadi Kaisar yang menandai berakhirnya Romawi berbentuk republik dan Antonius menjadi Gubernur Gaul (Perancis) dan Italia bagian utara.

Untuk membuktikan kesetiaan Mesir terhadap Romawi, Antonius menemui Cleopatra di Alexandria. Tetapi Antonius malah jatuh cinta dengan Cleopatra dan menikahinya. Antonius pun menceraikan istrinya yang bernama Octavia di Roma dan memaksa warga Romawi untuk mengakui bahwa dia telah memperistri Cleopatra. Augustus marah karena Antonius membelot ke arah Mesir dan dia pun menyatakan perang. Pada tahun 31 SM Romawi menyerbu pasukan Antonius yang didukung pasukan Mesir. Namun, mereka kalah di lepas pantai Yunani dan Antonius terbunuh. Dan Cleopatra pun mengetahui suaminya meninggal, langsung bunuh diri dengan membiarkan ular berbisa menggigit tangannya sampai meninggal. Menurut kepercayaan Mesir, digigit ular berbisa merupakan kematian yang abadi. Mungkin itulah sebabnya Cleopatra memilih cara mati seperti itu daripada menanggung malu menjadi tawanan Romawi.

Mengapa saya memasukkan Julius Caesar ke dalam 10 tokoh dunia tertragis. Pertama, seandainya beliau tidak dibunuh beliau dapat mengembangkan kekuasaannya kembali. Kedua, Akibat perselingkuhan dengan Cleopatra, Ratu Mesir maka namanya tercoreng sebagai raja yang tak tahu diri. Dan ini dianggap orang Romawi sebagai kehancuran dari Republik Romawi bersumber dari Julius Caesar. Padahal orang-orang senatlah penyebabnya. Mereka membunuh Julius Caesar tanpa memikirkan jangka ke depan. Mereka hanya menuruti nafsu beringas mereka tanpa menggunakan otak terlebih dahulu.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ New Post Old Post ►