Minggu, 30 Agustus 2009

Penangkapan dr AK Gani

Tanggal 21 Juli 1947, Belanda mulai melancarkan Agresi militernya. Saat itu Wakil Presiden Hatta sedang berada di Sumatera. Mantan Perdana Menteri Sjahrir berhasil meloloskan diri keluar negeri yang nantinya pada bulan Agustus 1947 berbicara dalam sidang PBB untuk membeberkan keganasan Belanda tersebut. Tapi sebelum itu setelah dari India, dia sempat menyusul H.Agus Salim di Timur Tengah yang telah lebih dahulu tiba di Cairo. Memang salah satu tugas H.Agus Salim bersama sejumlah anggota pemerintahan seperti AR Baswedan adalah sedang membuat perjanjian dengan negara-negara Arab dalam rangka mereka memberikan dukungan terhadap Revolusi Indonesia. Saat itu Perdana Menteri RI sejak awal Juli 1947 adalah Mr Amir Sjarifudin. dr AK Gani mantan menteri Kemakmuran diangkat sebagai wakil Perdana Menteri. Seperti biasa dia berkantor dan tinggal di Rumah Proklamasi jalan Pegangsaan Timur no.56 Jakarta. Pada tanggal 24 Juli 1947, rumah milik Republik Indonesia ini diserbu tentara Belanda dan seluruh penghuninya ditangkap. dr AK Gani adalah pejabat paling tinggi yang berada disana. Bersamanya ditangkap sejumlah pegawai Republik Indonesia termasuk para pengawal. Penggeledahan juga dilakukan tentara Belanda yang menemukan sejumlah besar senjata dan amunisi. Ada tulisan yang menceritakan kalau pimpinan penangkapan adalah Westerling ? Dan terjadilah dialog antara Westerling dengan dr Adnan Kapau Gani (lulus dokter dari GH pada tahun 1937). Westerling : "Saya Westerling pimpinan Pasukan Khusus (KST-DST) Kerajaan Belanda".dr AK Gani tidak mau kalah dan bilang : "Saya AK Gani penyelundup terbesar dari Indonesia musuh Belanda" Apa benar Westerling yang datang kesitu dan dialog ini benar ?

Jenderal Sudirman bisa menerima supremasi sipil ?

Dalam bukunya "Laporan dari Banaran" Pak Sim (panggilan akrab May.Jen TB SImatupang) pada halaman 194-195 bercerita. Ketika pemerintah RI kembali ke Yogya (6 Juli 1949) sebetulnya Pak Dirman sedikit keberatan untuk kembali. Tapi karena ada surat Sri Sultan HB ke IX dan surat Kolonel Gatot Soebroto serta pemimpin lainnya yang meminta supaya lekas pulang, akhirnya Pak Dirman bersedia kembali ke Yogyakarta. Setelah berangkat dari Markas Besar Gerilya didesa Sobo daerah Pakis Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan menuju Yogya, Pak dirman sebentar menunggu sambil menanti kedatangan Pak Sim. Pak Sim menjemput bersama May.Jen Soehardjo. Setelah istirahat sebentar ketiganya memasuki mobil yang akan membawa ke Yogya. Dari pembicaraan didalam mobil, tampak Pak Dirman belum bisa menerima perkembamngan terakhir (maksudnya berunding dengan Belanda). Hal ini dapat dipahami sebab mereka yang pernah mengalami perang rakyat sejak beberapa bulan terakhir, telah hidup dengan alam pikiran yang berbeda sama sekali dengan para pemimpin (sipil) yang menjalankan perundingan dengan Belanda di Jakarta maupun di Bangka. Namun Pak Dirman membenarkan juga bahwa sekarang ini tidak ada jalan lain melainkan mendukung persetujuan yang dicapai sambil menyusun kekuatan. Cuma Pak Dirman bermaksud mengemukakan usul dan saran untuk mencegah timbulnya hal-hal yang dapat menimbulkan kekecewaan kelak. Dalam amanat Panglima Besar tanggal 1 Mei 1949, memang telah dikatakan : "Saya telah bersiap lengkap dengan syarat-syarat dan usul-usul mana saya sesuaikan dengan jiwa dan semangat dan jiwa perjuangan tentara dan rakyat pada dewasa ini, pula mengingat serta memperhatikan suara-suara dari para komandan terutama yang langsung memimpin pertempuran ". Beberapa tahun yang lalu ada isue kuat bahwa konflik internal antara pimpinan sipil dan militer sudah mulai berkembang saat itu. Kini setelah 64 tahun berakhirnya perjuangan gerilya khususnya setelah Pak Dirman kembali ke Yogya, apakah tidak perlu ditelusuri ulang detik-detik peristiwa sehingga kebijakan akhir adalah Supremasi sipil tetap diatas kekuasaan militer ?

Kamis, 27 Agustus 2009

Bulan Ramadhan Bukan Hanya Ada Puasa Sahaja!!!!

Bulan Ramadhan seperti juga bulan-bulan lain. Ada 29 atau 30 hari sebulan. Ada siang dan ada malam. Ada hari panas dan ada hari hujan. Ada orang sihat yang mampu berpuasa dan ada orang sakit yang tidak berkuasa untuk berpuasa. Ada orang menetap dan ada orang yang bermusafir. Tidak hairanlah jika kita kata Perang Badar sendiri berlaku di bulan Ramadhan.

Sebenarnya di dalam bulan yang mulia ini bukan hanya terbatas suruhan ibadat puasa semata-mata. Ada juga ibadat-ibadat yang lain yang banyak. Oleh sebab itulah, janganlah kita Cuma setkan minda kita dengan puasa sahaja tetapi kita lupa untuk melakukan ibadat-ibadat lain yang juga dikali gandakan pahalanya sempena Ramadhan ini.

Puasa cuma 12 jam sahaja dan cuma dilakukan di siang hari semata-mata. Apa yang kita buat 12 jam yang baki, adakah untuk relaks-relaks atau buang masa sahaja. Adakah sepanjang 12 jam di waktu siang itu kita hanya menjaga untuk tidak makan dan tidak minum semata-mata. Tentulah ada jalan lain yang boleh kita lakukan untuk melakukan kerja-kerja yang banyak, ibadat-ibadat yang lain yang semunya digandakan pahalanya. Kita lupa ke?

Bagi para isteri tentulah jika hendak dibandingkan pahala dengan para suami mereka lebih banyak. Maklumlah dia terpaksa bangun di awal pagi untuk menyediakan makanan sahur untuk seisi rumahnya, terpaksa mengejut bangunkan para ahli puasa yang mungkin terpaksa dikejut beberapa kali. Bagi yang memiliki anak-anak yang masih kecil, dia terpaksa memujuknya pula agar mereka kuat untuk turut berpuasa. Tidak cukup itu, selepasnya nanti dia terpaksa mengurus pinggan mangkuk pula untuk dicuci.

Apabila tiba waktu petang, di saat orang lelaki mungkin sudah boleh bersantai bermotosikal menghirup angin kampung untuk menunggu waktu berbuka, beliau seorang dia sibuk pula untuk menyiapkan hidangan berbuka. Begitulah juga, semasa para suami sudah bersiap sedia untuk bergerak ke masjid bagi mendirikan solat Sunat Terawih tetapi mungkin masih mengurus dapurnya.

Namun, wahai para lelaki, abang-abang! Sanggupkah anda menerima dan terus menerima hakikat ini. Anda tidak mahu ke berlumba-lumba mengumpul pahala puasa? Bukankah besar pahala bagi orang yang membantu orang lain untuk berbuka puasa. Isteri-isteri kita, ibu-ibu kita, anak-anak perempuan kita pun berpuasa macam kita. Mereka pun letih tetapi sanggup berkhidmat itu dan ini kerana yakin dengan ganjaran pahalanya.

Janganlahlah cuma tolong makan dan minum sahaja. Apa boleh saya buat, saya ni orang lelaki? La… banyaklah kerja yang kita boleh tolong, asalkan kita sudi untuk menghulur bantuan untuk meringankan kerja-kerja mereka. Mereka pun tentulah gembira jika kita boleh menolong. Tolong apa yang boleh saya buat?

1. Tolong siang ikan
2. Tolong bancuh air minum
3. Tolong membersih dan mengelap meja makan
4. Tolong menghidangkan juadah sahur atau berbuka puasa

Ini jika kita ingin mengumpul pahala dalam rumah. Maksudnya? Maksudnya kita boleh juga mengumpul pahala-pahala dengan melakukan kerja-kerja di luar rumah kita. Selain pahala yang memang kita semua telah sedia maklum.

1. Membersihkan tandas-tandas surau
2. Menyapu, mengemop, membersih dan mengvakum surau
3. Menyusun tikar-tikar dan sejadah-sejadah sehingga ke beranda surau
4. Memasang setiap lampu-lampu surau

Begitulah juga, selepas selesai jemaah surau mendirikan solat Terawih dan menjamu moreh:
1. Mengemas dan melipat kembali tikar-tikar dan sejadah-sejadah
2. Menyapu lantai surau dan mengemopnya (jika perlu)
3. Menutup semula suis-suis lampu dan kipas yang dibuka


Banyak lagi amalan-amalan yang mungkin juga boleh kita lakukan di sepanjang bulan Ramadhan;

1. Menghulur sedikit juadah berbuka kepada jiran-jiran
2. Memberi sedekah 3-4 biji buah tembikai kepada rumah anak yatim
3. Memberi sedekah air mineral dan buah tamar untuk surau dan masjid bagi juadah berbuka

Sebenarnya, bulan Ramadhan adalah medan yang membuka seluas-luasnya ruang untuk kita mengumpul sebanyak-banyakknya pahala. Apatah lagi pada bulan ini sahajalah, setiap amalan itu akan digandakan pahalanya.

Selamat berpuasa dan berkhidmat untuk semua…

Rabu, 26 Agustus 2009

Dari Web Karnadya Solution


Selamat membaca, mengamalkan dan menyebarkan ilmu dalam buku I Love Ramadhan

Senin, 24 Agustus 2009

dr Leimena


Toko moderat tiga zaman. Periode Revolusi Kemerdekaan (Menteri Kesehatan), kabinet parlementer (Menteri Kesehatan) dan kabinet terpimpin (Waperdam).

Waktu Masuk vs Waktu Keluar

Jom kita bermonolog dengan diri kita.

Cuba kita ingat-ingat... Ketika hari pertama kita bersekolah rendah atau mungkin ketika di tadika. Kita tak tahu apa-apa. Tak tahu membaca, mengira dan menulis. Namun selepas tamat sekolah rendah, kita berubah. Dah boleh membaca, menulis dan mengira. Ada Perubahan dan hasil baru.

Begitu juga ketika naik tingkatan. Mula-mula masuk mungkin kita tak kenal ada subjek perdagangan, prinsip akaun dan ERT. Bagi kelas sains pula tak kenal apa itu matapelajaran kimia, fizik dan Add mate. Bagi aliran agama pula tak kenal Tasawwur Islam, Bahasa Arab tinggi. Namun, selepas tamat tingkatan 5, kita tahu dah semua tu.

Sebelum tak tahu, kosong tetapi selepas melalui sekolah rendah kemudian sekolah menengah kita sudah tahu. Sebenarnya samalah juga sebelum masuk Universiti dan selepas graduasi. Mesti sebelum masuk lain dan selepas masuk lain.

Sebelum masuk sekolah, maahad tahfiz, politeknik, universiti atau maktab lain dan selepas masuk, selepas tamat jadi lain. Ada perubahan positif.

Begitulah yang sepatutnya bagi kita dalam madrasah atau universiti Ramadhan ini. Sebelum masuk iman lemah tetapi selepas masuk semakin kuat kerana telah melaui tarbiah Ramadhan.

Kalau sama sahaja? Alamakkk... sama sahajalah orang tak masuk sekolah. Dak sekolah pun tak boleh membaca, menulis. Rugilah, buang masa.

Ingat-ingatlah kita sama-sama... Cuma sebagai renungan minda kita.

Bulan Puasa Bulan Menuntut Ilmu (Bersama Pn. Ainon Mohd PTS)

Lama dah saya tunggu peluang ini. Akhirnya, tercapai jua. Ya… peluang berguru dengan Pn. Ainon Mohd. Dari PTS, dalam penulisan.

Al-Kisahnya saya pun menguatkan diri untuk menghadiri kelas beliau pada hari Ahad lepas, 23 Ogos 2009 bertempat di Sekolah al-Ikhlas, Taman Permata, Hulu Kelang.

Mungkin rezeki bulan Ramadhan al-Mubarak. Kebetulan program ini berlangsung pada hari ke-2 Ramadhan.

Perbincangan sekitar 3 jam itu berkait dengan ‘Unsur-unsur cerita yang disukai pembaca’ dan ‘Bagaimana menyusun cerita supaya sedap dibaca’

Di sampaing itu, saya sempatlah bertaaruf dengan penulis2 PTS seperti akhi Zamri Muhammad penulis buku ‘Rahsia Bisnes Mamak’, Tip Menjadi Penulis Bestseller’. Juga akhi Firdaus Ariff novelis ‘Sayap Adinila’ dan ‘Armada Azur’.

Semoga kursus kali akan memperkukuhkan lagi semangat saya untuk terus berkarya.

Ambil semangat Ramadhan yang barakah

Program Ihya' Ramadhan


Assalamualaikum semua...

Dah lama sebenarnya saya nak mengucapkan salam buat semua teman seIslam. al-Hamdulillah sepanjang Rejab dan Syaaban saya diberi kesempatan oleh Allah untuk berkongsi sedikit rezeki ilmu.

Sepanjang Syaaban, ceramah-ceramah saya berkisar tajuk Ramadhan. al-Hamdulillah pada tahun ini saya berkesempatan pergi ke masjid atau surau yang buat kali pertama kaki saya ke sana.

Antaranya Surau al-Siddiqin, Rawang. Juga surau Nur al-Sham di Kuala Langat dan beberapa tempat lain di Masjid Kg. Sungai Udang Klang, Surau Taqwa (ada aircond) di Palm Grove Klang, SMK Jenjarum Kuala Langat, SMK PUlau Indah Klang, Surau Kuarters Guru USJ, Surau Yahya Perkampungan Darul Mujahidin, Surau al-Syakirin Pinggiran USJ dan banyak lagi.

Salam ukhuwwah, ucapan Ramadhan Karim dan syukran jazilan kepada yang mengundang saya. Semuga sedikit ilmu yang telah dikongsikan diberkati dan mendapat manfaat bersama.

Amin...

Jumat, 21 Agustus 2009

Lupa-lupa Ingat "Indonesia Raya"

Kompas Cetak Sabtu, 22 Agustus 2009 04:51 WIB
Oleh Saifur Rohman
Lagu kebangsaan ”Indonesia Raya” karya WR Soepratman terlewat dinyanyikan dalam pidato kenegaraan di Jakarta, Jumat (14/8).Setelah diinterupsi, pada akhir acara Ketua DPRD Agung Laksono mengajak peserta menyanyikan ”Indonesia Raya”. Ini menandakan, acara simbolik, rutin, dan ritual telah melupakan simbol penting sejarah kehidupan berbangsa.Seperti sarapan yang siap di atas meja, tetapi lupa menanak nasi. Disebutkan, kesalahan itu tidak disengaja. Saat geladi bersih, lagu itu ada, tetapi saat pelaksanaan, tiba-tiba ”menghilang”. Hukuman berupa peringatan, sanksi, atau apa pun akibat kelalaian tidak bisa menghapus pertanyaan, apa yang sebenarnya terjadi dalam kesadaran pelaku ritus kenegaraan? Jawabannya menjadi penting jika kita menganggap membangun bangsa didasarkan kesadaran untuk mengingat, bukan melupakannya.
Tidak sadar
Lupa adalah gerakan tidak sadar. Leo Tolstoy dalam Diary (1897) menulis, jika kehidupan berlalu tanpa disadari, kehidupan itu tidak pernah terjadi. Secara psikologis, lupa adalah peristiwa yang menyusup dalam arus kesadaran sehingga ada di luar kendali. Edmuns Husserl melihat, saat peristiwa lupa berlalu, kesadaran melakukan refleksi. Hasil refleksi memutuskan, kejadian sebelumnya telah melupakan sesuatu. Keputusan lupa adalah produk sadar, sedangkan peristiwa lupa itu kejadian di luar sadar. Dalam kajian antropologis terungkap, ritus yang dijalankan dengan tingkat duplikasi yang tinggi dari waktu ke waktu adalah gerakan sadar untuk melawan lupa. Dalam perspektif kebudayaan, pelestarian tradisi pada zaman yang terus berubah bukan melawan perubahan, tetapi melawan diri sendiri agar tidak lalai. Tradisi memang monoton, tetapi itulah satu-satunya cara agar bisa mengingat. Karena itu, produk- produk kebudayaan intangible memerlukan mekanisme mengingat untuk menegakkan harkat kemanusiaan itu sendiri. Wajar manakala Ben Anderson merumuskan entitas kebangsaan sebagai ”komunitas yang dibayangkan” karena entitas itu harus terus dipupuk agar bayangan itu tetap ada. Betapa berat beban negara-bangsa yang lahir setelah Perang Dunia (PD) II. Pelaku negara-negara baru harus kerja keras melawan lupa. Sebab, sebelum PD II, alam kesadaran masyarakat dalam bingkai kolonial. Ritus negara-bangsa yang lahir setelah PD II, termasuk Indonesia, adalah eksplisitasi dari tiap upaya anak bangsa melawan lupa bahwa sebagai ”Indonesia Raya” telah ”merdeka”. Dalam proses melawan lupa itu setidaknya ada dalam syair lagu WR Soepratman. Berdasar analisis semantik, ada tesis bahwa lagu itu memberi wasiat tentang mekanisme melawan lupa. Syair-syairnya berisi identifikasi tentang Indonesia. Jawabannya, Indonesia tanah airku, tanah tumpah darahku. Soepratman lalu menjelaskan asal-usul kita sebagai bangsa. Kejelasan asal-usul itu dimanfaatkan untuk mengingatkan visi ke depan. Dia menegaskan, Marilah kita berseru Indonesia bersatu. Asal-usul dan tujuan itu memberi kerangka pikir bagi tiap individu tentang kehadiran kesadaran baru yang tidak boleh dilupakan. Kerangka pikir itu lalu dibangkitkan dengan Hiduplah bangsaku, hiduplah negeriku untuk Indonesia Raya. Kesadaran sebagai negara-bangsa harus dihidupkan, dihayati, dimaknai. Paralelisme syair itu ada dalam Bangunlah jiwanya, bangunlah badannya untuk Indonesia Raya. Indonesia dihidupkan dalam kesadaran agar kita tidak melupakan. Pengulangan terus-menerus dan aneka simbol yang diciptakan untuk entitas Indonesia adalah upaya optimal untuk melawan lupa.
Ingat yang lain
Indonesia sudah diproklamasikan sejak 1945. Maka ironis saat lagu kebangsaan terlupa justru dalam ritus melawan lupa. Maka, kita patut mempertanyakan kesadaran kita sebagai bangsa.
Kesadaran untuk ingat sebagai bangsa ternyata tertumpuk kesadaran untuk ingat yang lain. Dan nasionalisme tidak lebih besar ketimbang kesadaran untuk rutinitas baru yang mengatasnamakan demokrasi. Tiap hari elite sibuk kampanye untuk meningkatkan citra. Pebisnis sibuk menggagas pencitraan yang menarik dalam pemasaran calon kepala negara dan kepala daerah. Para selebritas akademisi rutin membangun retorika baru sebagai produk yang dipertontonkan. Lembaga swadaya masyarakat bermodal pengetahuan statistik sibuk mengiklankan diri sebagai akurat dan ahli mengantar orang menjadi pemimpin. Tiap warga sibuk mencari posisi dalam kursi publik. Kita telah berlarut-larut dengan atribut-atribut itu dan melupakan esensi keindonesiaan. Setelah sekian lama kita berlalu, kita patut mempertanyakan kembali pembangunan semangat kebangsaan selama ini.
Saifur Rohman Alumnus Filsafat UGM; Bekerja dan Menetap di Semarang
Gambar atas : Peristiwa yang seharusnya tidak boleh dilupakan. Diiringi lagu Indonesia Raya, pada tanggal 27 Desember 1949, untuk pertama kali Sang Saka Merah Putih dinaikkan dan berkibar diatas puncak Istana Merdeka. Hal ini disambut rakyat dengan gegap gempita. Foto, capture dari film Belanda : souvereiniteit overdracht

Mengenang Diplomat Critchley


Kompas Cetak 21 Agustus 2009
Mengenang Diplomat Critchley
Jumat, 21 Agustus 2009 04:41 WIB
Oleh : Rosihan Anwar
Akhir Juli lalu, TV One mewawancarai saya, siapa orang asing yang mendukung perjuangan Indonesia pada masa perang kemerdekaan? Saya sebut beberapa nama, antara lain Kolonel Laurens van der Post (Inggris), saudagar Jack Abbott (Amerika Serikat), diplomat Thomas Critchley (Australia), Kapten Sen Gupta (India), pengusaha Biju Patnaik (India), dan wartawan Frans Goedhart (Belanda). Tak lama kemudian, saya menerima berita sedih dari Susan di Sydney. Ia mengabarkan, suaminya, Thomas Kingston Critchley, meninggal dunia pada 14 Juli 2009 dalam usia 93 tahun. Sebelum menikah, Susan adalah warga negara AS. Dia bekerja sebagai sekretaris di Perwakilan Indonesia di New York yang dipimpin oleh LN Palar dengan staf Dr Sumitro Djojohadikusumo, Soedjatmoko, Soedarpo Sastrosatomo, dan Charles Tambu. Tanggal 24 Agustus mendatang, Susan mengadakan pertemuan di Pilu Restaurant, Freshwater, untuk mengenang Thomas Critchley. Thomas Critchley sebagai diplomat berusia 31 tahun datang ke Indonesia setelah Belanda melancarkan aksi militer pertama terhadap Indonesia pada 21 Juli 1947. Kendati ada Persetujuan Linggajati yang ditandatangani 25 Maret 1947 dalam Istana di Jakarta, hal itu tidak menghalangi militer Belanda untuk menyapu bersih Indonesia dengan peperangan.
Menunjuk Australia
Belanda menunjuk Belgia untuk mewakilinya pada Komite ini dan Indonesia menunjuk Australia. Kedua negara itu kemudian bersama-sama menunjuk Amerika Serikat. Delegasi Australia diwakili Justice Richard C Kirby dengan Thomas Critchley sebagai deputinya. Indonesia memilih Australia karena negeri ini mendukung kuat perjuangan Indonesia. Serikat buruh Australia terkenal sebagai pemboikot pemuatan ke dalam kapal-kapal Belanda barang-barang untuk digunakan mengembalikan penjajahannya. Ternyata Komite Jasa Baik tidak berdaya karena disabot Belanda yang memang tidak mempunyai maksud baik. Belanda terus menuduh Indonesia melanggar ketentuan gencatan senjata dan memajukan tafsirannya sendiri mengenai pasal-pasal Persetujuan Renville. Dalam keadaan buntu itu, wakil Amerika Serikat dalam Komite, Court DuBois, yang sebelum perang pernah menjadi Konjen AS di Hindia Belanda, bersama Critchley menyusun sebuah rencana usul kompromi guna mengatasi kebuntuan. Prinsip-prinsip itu dikenal sebagai DuBois-Critchley Plan yang disampaikan secara privat kepada delegasi Belanda dan Indonesia tanggal 19 Juni 1948. Dasar Belanda tidak mau menerima, lalu diputuskan perundingan dengan Indonesia dengan memakai alasan ”DuBois telah membocorkan isinya kepada Daniel Schorr, koresponden majalah Amerika, Time, di Jakarta”.
DuBois menyangkal keras sudah menjadi pembocor rencana itu. Yang sebenarnya terjadi ialah Belanda telah memata-matai berita/tulisan koresponden luar negeri yang dikirim melalui kantor pos. Belanda-lah yang membocorkan kepada Daniel Schorr. Notabene berita itu tidak sampai dimuat oleh Time. Belanda terus memojokkan Indonesia. Blokade angkatan lautnya diperketat sehingga praktis tidak ada barang yang keluar atau masuk melalui pelabuhan yang masih dikuasai Indonesia. DuBois kembali ke AS karena kesehatannya terganggu. Kedudukannya digantikan Dr Graham yang terkenal karena ucapannya kepada Perdana Menteri Amir Syarifuddin dalam perundingan di atas kapal Renville, ”You are what you are”. Justice Kirby kembali ke Australia digantikan Tom Critchley.
Belanda melancarkan aksi militer kedua tanggal 19 Desember 1948. Pimpinan pemerintah agung Indonesia ditangkap militer Belanda dan diasingkan ke Prapat dan Bangka. Kembali Dewan Keamanan PBB turun tangan dalam konflik Indonesia-Belanda. Pasal 17 Persetujuan Linggajati mengenai soal arbitrase telah membuat soal Indonesia menjadi masalah internasional Komite Jasa Baik diubah namanya menjadi Komisi PBB untuk Indonesia pada tahun 1948-1950. Ketua delegasi Amerika Serikat adalah Merle Cochran dan ketua delegasi Australia Tom Critchley. Kedua diplomat itu memegang peran membawa Belanda dan Indonesia berunding kembali.
Bintang jasa utama
Sebagai wartawan yang meliput KMB, saya lihat Thomas Critchley sebagai diplomat berusia 33 tahun dengan percaya diri penuh ikut mengemudikan konferensi sampai berhasil. Thomas Critchley hilang dari radar pemantauan saya. Dia menjabat sebagai Duta Besar di Kuala Lumpur sewaktu Indonesia mengganyang proyek kolonialisme Malaysia. Thomas Critchley kembali ke Indonesia sebagai Duta Besar (1978-1981) dan menyelesaikan tugasnya dengan baik untuk merapatkan hubungan Australia-Indonesia. Pada tahun 1992 Thomas Critchley dianugerahi Bintang Jasa Utama dari Pemerintah Indonesia. Upacara penyerahan penghargaan dilaksanakan di Sydney oleh Dubes Indonesia Sabam Siagian yang mengatur, agar mobil yang menjemput Critchley mengibarkan bendera Sang Merah Putih sebagai pernyataan kehormatan bagi Critchley yang menjadi amat terharu oleh beau geste itu. Tom dan Susan bersahabat baik dengan keluarga kami. Pernah dengan menyetir mobil sendiri, Dubes Australia itu membawa istri dan putra-putrinya bersilaturahim ke rumah kami. Terakhir kami bertemu dengan Tom dan Susan saat Zuraida dan saya diundang menghadiri dinner, ketika kami menghadiri Festival Film Asia Pasifik ke-39 di Sydney, Agustus 1994. Dalam Sydney Morning Herald saat itu ada kritik ke alamat Indonesia bertalian dengan soal Timor Timur. Namun, Tom tidak bicara soal politik untuk menjaga suasana batin akrab pada santap malam yang juga dihadiri Ratih Harjono dan ibunya, saat itu koresponden Kompas di Australia. Begitulah sikap Tom Critchley. Selalu diplomatis dan bijaksana (tactful). Kami dari generasi zaman Revolusi mengenang jasa-jasamu bagi perjuangan Republik Indonesia.
Semoga Tuhan memberkatimu, Tom.
Rosihan Anwar Wartawan Senior

Minggu, 16 Agustus 2009

Uar-uarkan Yang Hebat...

Temujin adalah tokoh besar. Beliau berjaya menyatukan bangsa tatar dan mongol menjadi satu bangsa yang kuat.Beliau kemudian dikenal dengan nama Genghis Khan dan dilantik sebagai Khan al-A'zam (maharaja agung).

Kerana ingin anaknya menjadi contoh kepada datuknya yang hebat, maka ibu Hulagu sering menyebut dan menguarkan kehebatan sang datuk kepada anaknya Hulagu, yang merupakan cucu Genghis Khan.

Sorhgagthani Beki, ibu kepada Hulagu yang merupakan cucu Genghis Khas sering berkata kepada Hulagu...

"Anakku, apabila besar kelak jadilah seperti datukmu. Suaranya kuat seperti halilintar, tangannya lebih perkasa dari beruang jantan. Beliau boleh mematahkan leher lawannya seperti dia mematahkan ranting kayu. Pada musim sejuk dia tidur tanpa berpakaian berhampiran dengan unggun api. Percikan bara api jatuh pada badannya dianggap seperti gigitan semut sahaja" (Hulagu Khan: Abdul Latip Talip, 2009, PTS)

Kata-kata hebat oleh ibu yang hebat berkaitan cerita yang hebat dapat mempengaruhi jiwa anak yang akhirnya menjadi tokoh yang hebat. Hulagu Khan akhirnya membesar dan di bawah pimpinan beliaulah akhirnya tentera Mongol telah menjatuhkan ibu kota empayar Islam pimpinan Kerajaan Abbasiyah, Baghdad pada tahun 656 Hijrah.

Besarkan pengaruh menceritakan yang hebat...

Apakah kita telah menceritakan pada anak-anak kita, keluarga kita, anak didik kita, orang-orang di bawah kuasa kita tentang 'kehebatan Ramadhan' agar ia dapat mempengaruhi mereka.

Uar-uarkanlah kehebatan Ramadhan buat semua agar sama-sama kita dapat menjiwai kehebatannya.

Namun, masih ada antara kita yang masih diam membisu. Tidak hairanlah sehingga saat ini kita masih belum melihat kehebatan Ramadhan ini meledak bagaikan lahar gunung berapi.

Ayuh! Kita semua bertanggungjawab menguar-uarkan kehebatan bulan agung lagi barakah ini...

Selasa, 11 Agustus 2009

Yang muda yang bergerilya

Para pemuda zaman sekarang sering bertanya, bagaimana pemuda dizaman perjuangan dahulu ? Maka saya memperlihatkan foto-foto koleksi yang saya miliki seperti diatas. Foto ini saya dapat tentu saja dari para pelaku yang kebanyakan sudah tiada. Pada gambar ini adalah pasukan SWK (Sub Wehr Kreise) 106 didaerah Solo. Tampak pakaian dinas militer, peci model prahu (muts) berwarna hitam, senjata ringan sampai berat yang dimiliki dan tentu saja sepatu yang cukup lumayan. Tidak sedikit yang pasang gaya dengan topi baja atau baret. Tapi yang pasti mereka adalah yang muda yang bergerilya dan gembira. Banyak dari mereka yang setelah pengakuan kedaulatan 1949, kemudian kembali ke sekolah atau melanjutkan ke Universitas. Tidak sedikit yang kemudian berhasil meraih titel sarjana.

Senin, 10 Agustus 2009

Film Merah Putih


Sebentar lagi kita bisa menonton sebuah film Epos Perang Kemerdekaan berjudul "Merah Putih". Film yang dibuat PT Media Desa boleh diacungkan jempol karena berani membuat film perjuangan dengan beaya besar. Kritikan pasti akan berdatangan karena film dibuat dengan seting sebuan kesatuan tentara yang sudah amat sempurna dalam pencitraan visualnya. Bagus sekali dilihat dari tenik pengambilan gambar maupun jalan ceritanya. Tapi bagi yang tahu bagaimana situasi kondisi tentara kita pada periode 1945-1949 film ini bagaikan bercerita dinegara lain. Untuk lengkapnya lihat http://www.youtube.com/watch?v=vAB_RPzA0Og. Foto atas adalah poster film Merah Putih yang bagus itu dan disebelah kanan foto Ipphos kira-kira pada bulan September tahun 1946. Peristiwanya "Parade pada upacara pembentukan Badan Kelaskaran Pusat di Yogyakarta". Foto macam ini cuma bisa dilihat di Museum barangkali.

Untuk Sang Merah Putih


Pada tahun 50-an ada film yang dibuat kalau tidak salah oleh PERFINI. Judulnya "Untuk Sang Merah Putih" pemeran utamanya Chatir Charo. Dalam film, Sutradara Usmar Ismail juga mementaskan konflik-konflik sosial dalam kancah Revolusi Kemerdekaan. Tahun 2009 dalam rangka menyambut Kemerdekaan Indonesia ke 64, diputar film "Merah Putih" yang kemungkinan juga memunculkan konflik sosial pada zaman perang kemerdekaan. Mampukah film Merah Putih 2009 ini mewakili semangat zaman saat itu ? Kita lihat saja bagaimana reaksi masyarakat menanggapi atau mengkritisi film ini. Mungkin yang penting, janganlah kita memadamkan semangat baru para produser ini untuk mengangkat film-film perjuangan kontemporer itu. Keterangan gambar : atas, foto yang dibuat tahun 1949 ketika pasukan Tentara Pelajar dibawah Brigade 17 memasuki kota Purwokerto dari Medan Gerilya. Tampak wajah mereka begitu muda tapi penuh semangat. Foto bawah, salah satu adegan dari film Merah Putih. Pakaian dinasnya bagus ya. Pake dasi lagi. Saya yakin semangat untuk mensukseskan film inipun juga besar

Pasukan Pengawal Presiden RI tahun 1945


Menurut Soediro (mantan Walikota Jakarta tahun 50-an), Setelah Proklamasi, dr Muwardi memilih sejumlah juru pencak silat dibawah pimpinan Sumartojo. Dengan hanya bersenjata golok dan bambu runcing, dimulailah kegiatan Pengawalan Presiden RI, Soekarno. Foto ini ada dikoleksi Museum Bronbeek Belanda. Penjelasannya, menggambarkan para Pas.Wal.Pres tahun 1945 dimuka Rumah Proklamasi, jalan Pegangsaan Timur (kini jalan Proklamasi) no.56 Jakarta. Mungkinkah mereka itu yang disebut dalam bukunya Soediro "Sekitar Proklamasi". Kalau benar, seyogyanya mereka ini mendapat bintang jasa pemerintah.

Sabtu, 08 Agustus 2009

Panggilan iman untuk Ramadhan....


Tanggal 25 hb saban bulan merupakan hari yang paling dinanti-nantikan oleh kebanyakan orang. Sebab mereka yakin pada tarikh tersebut ada habuan besar. Ya, kemasukan gaji bagi ramai pekerja.

Tarikh tersebut sering dinanti-nanti, dengan penuh kesungguhan.

Tentunya ramai antara kita memiliki tarikh-tarikh 'keramat' yang paling dinanti-nanti kedatangannya.

Itulah dalam kehidupan fizikal kita yang biasa, kehidupan duniawi kita.

Di samping banyak tarikh tertentu, bagi kita umat Islam memiliki tarikh bertuah yang pasti akan datang saban tahun menjenguh kita semua dengan membawa buah tangan yang banyak lagi barakah.

Namun, persoalannya sejauh manakah perasaan kita dalam menanti tarikh tersebut. Ya ketibaan tarikh 1 Ramadhan.

Mengapa sehingga kini belum diuar-uarkan ketibaan tarikh besar ini. Mengapa tiada 'countdown' Ramadhan sedangkan upacara-upacara besar yang lain biasanya ada.

Apakan ia bukan upacara besar bagi kita umat Islam!

Ayuh semua!

Jika ramai yang lupa, buat-buat lupa, saja-saja melupakan... biarlah mereka tetapi bukan KITA, bukan KELUARGA KITA.

Mari kita hebahkan kehangatan untuk menyambut ketibaannya. Kita ajak seluruh anak isteri kita bersama.

Benarlah, Ramadhan itu adalah panggilan iman dari Tuhan.

"Wahai orang-orang yang beriman!..." panggilan dariNya

"Ya,,,Allah" Orang yang beriman segera menyahut.

"Telah diwajibkan kepada kalian berpuasa sebagaimana orang-orang sebelum kamu, mudah-mudahan kamu beroleh takwa"

Selasa, 04 Agustus 2009

Ihya' Ramadhan di Rawang

al-kisahnya buat pertama kali saya mendapat ceramah di kawasan Rawang. Kali ini kembara ilmu saya ditemani oleh Ustaz Herman.
Mulai malam itu sehinggalah akhir Ramadhan saya akan menumpukan perbicaraab berkaitan dengan kehebatan bulan Ramadhan dan puasa Ramadhan itu sendiri. Beza tu...

Ramai orang yang menyangka bahawa bulan Ramadhan hanya ada puasa. Maka kita lupa di bulan ini juga ada tadarus, solat terawih, bersedekah, iktikaf dan bermacam-macam ibadat lain yang dikali gandakan pahala-pahalanya.

Sebab itu, Ramadhan bukan hanya bulan puasa kerana terdapat amalan-amalan lain yang banyak.

Ramadhan adalah pesta, pesta ibadat. Berpesta-pestaan adalah berseronok. Ramadhan adalah pesta iaitu berseronok-seronok dalam mengejar semua tawaran yang diberikan oleh Allah sepanjang Ramadhan.

Sabtu, 01 Agustus 2009

Bulan Baik…Ada Ke Bulan Jahat?



Setiap kali hendak tiba bulan Ramadhan, maka semua umat Islam seantero dunia akan menyiapkan diri menyambut ketibaanya dari segi mental dan fizikal. Yang biasa kita dengar ialah mereka menyebut hendak menyambut ‘bulan mulia’ atau ‘bulan baik’. Ketika saya belajar di Universiti al-alBayt, Jordan dahulu, orang Arab apabila menyambut ketibaan Ramadhan maka mereka akan menghulurkan ucapan ‘Ramadhan Karim’ yang bermaksud bulan yang mulia atau ‘Ramadhan Mubarak’ yang bermaksud bulan yang diberkati.

Saya yakin semua orang pasti bersetuju sangat jika kita katakan memang Ramadhan adalah bulan yang sangat mulia dan baik. Memang Ramadhan adalah bulan yang sangat diberkati. Ya…bulan yang terletak dalam susunan yang kesembilan daripada 12 bulan-bulan Islam ini memang bulan yang cukup istimewa dan penuh kemuliaan.

Dalam setahun ada 365 hari, ada 12 bulan, ada 52 minggu serta ada beribu-ribu jam, minit dan saat. Namun, yang menjadi persoalannya adakah kemuliaan ini hanya terletak pada Ramadhan sahaja? Bagaimana bulan-bulan yang lain. Tidak mulia ke? Bukankah kita selalu juga begitu gembira apabila menyambut awal Muharram yang menandakan tahun baru Hijrah. Bukankah kita begitu berbangga apabila tiba bulan Zulhijjah di mana pada 10 haribulan, ribuan umat Islam seluruh dunia sedang berhimpun di tanah suci untuk mengerjakan ibadat Haji. Adapun yang berada di tanah air pula, ramai yang berlumba-lumba menunaikan ibadat korban.

Ini bermakna setiap bulan ada cerita dan kemuliaan masing-masing. Kita tidak menafikan memanglah bulan Ramadhan telah memberi peluang dan ruang kepada kita untuk memuliakan diri kita dengan amalan ibadat yang dijanjikan pahala berlipat-lipat kali ganda. Tetapi tidak bermakna pada bulan-bulan lain kita tidak memburu kemulian yang dihidangkan Tuhan untuk kita menambah pahala lagi dan lagi.

Perkara yang saya sering tertanya-tanya juga, jika ada bulan baik maknanya ada ke bulan jahat? Jika ada bulan mulia, maka ada ke bulan tidak mulia? Semua saat, minit, jam, minggu, bulan dan tahun adalah mulia jika kita melakukan kerja mulia dengan niat yang mulia untuk mencari redha daripada Yang Maha Mulia.

Kita memang amat yakin dengan kemuliaan Ramadhan tetapi janganlah lupa bahawa di bulan-bulan lain juga ada dosa pahala dan ada catatan amalan baik dan amalan buruk. Ayuh kita memperkasakan iman kita setiap waktu, apatah lagi di bulan Ramadhan yang mulia.

Sumber: Sahrulazmi Sidek, I Love Ramadhan, hlm. 18

Puasa @ puas-puas?

Puasa Atau Puas-puas?


Apa perbezaan antara puasa dan puas? Tentulah besar perbezaan antara puasa dan puas atau puas-puas? Berbeza dari segi ejaan, bunyi sebutan dan maknanya.

Puasa Ramadhan ini datang sekali-sekala. Sepanjang Ramadhan kita ingin merasa juadah berbuka yang terenak. Maklumlah sudah 12 jam kita berlapar dan berdahaga. Puas saya jika dapat makan seekor ayam golek, 2 ekor ikan keli bakar dan… Puas saya kalau dapat minum…

Hari Raya Aidilfitri pun begitu juga. Kita semua sudah arif dan maklum. Namun, kita amat risau jika kerana ia sekali-sekala maka kita pun tersasar dalam meraikannya. Kita terlupa, terleka dan terikut-ikut sama. Apabila sudah sekali-sekala maka kita pun beranggapan ia perlu disambut dengan semeriahnya. Kita selalu kata “Apalah salahnya…”, iakan setahun sekali. Apalah salahnya, itulah yang salah jika menyebabkab kita membazir, lupa daratan, ingin berlawan-lawan untuk menunjuk-nunjuk dan sebagainya.

Sofa yang lama perlu diganti dengan yang baru. Langsir dan cadar katil pun turut sama perlu ditukar ganti dengan warna dan corak yang lebih sesuai dan terkini. Semua mestilah baru sebab hari raya nanti, rumah kita akan dikunjungi orang ramai dan saudara mara. Malulah kita jika masih menggunakan benda-benda yang lama.

Bukan sekadar perhiasan di dalam rumah yang perlukan perhatian tetapi yang di luar pun juga jangan terlepas pandang. Sudah 12 bulan cat rumah tidak bertukar ganti. Kalau dahulu sudah 12 bulan berwarnakan biru muda, maka tahun ini mata kita jatuh cinta pula pada warna hijau muda dan coklat pula. Tentulah nafsu kita berbisik-bisik di telinga “Takkanlah perabut di dalam rumah cantik berseri tetapi di luar rumah tidak berganti”

Baju raya perlu juga yang baru, daripada jenis kain terkini, ditempah mengikut fesyen terbaru. Mungkin tidak cukup sepasang tetapi perlu kepada berpasang-pasang kerana kita telah berpuasa sebulan lamanya. Puasa sebulan, maka hari rayanya juga perlulah diraikan sebulan lamanya. Kalau sudah menyambut hari raya 30 hari, mestilah perlu disediakan pakaian yang berpasang-pasang. Tidaklah canggung dibuatnya jika asyik memakai pakaian yang sama setiap hari.

Kuih-kuih muih beraneka jenis dan rasa juga perlu diambil kira kerana kita bakal meraikan tetamu yang akan datang mengunjung daripada saudara mara dan sahabat handai yang datang sekali sekala. Maka kita perlulah meraikan mereka dengan juadah yang paling enak, lazat dan sempurna. Supaya yang datang nanti akan puas apabila mengunjung ke rumah kita dan kita pun puas kerana melayan mereka dengan sebaik-baiknya.

Kita tentu seronok dan puas jika impian kita dapat kita tunaikan. “Emmmm, puas saya”. Apa yang puasnya bang, kakak, pakcik, makcik, adik? Pada 1 Syawal ini, rumah kita cukup berseri. Pakaian seluruh ahli keluarga kita telah kita sediakan. Puas dan puas. Puas kerana semuanya baru, mewah, berjenama, terkini, pelbagai dan terbaru.

Namun, inikah yang kita inginkan daripada Ramadhan yang kita lalui sepanjang 30 hari ini? Beginikah yang ingin dipersembahkan kepada Tuhan? Kita ingin berpuasa atau berpuas-puas pada yang sia-sia. Benarkah ini yang dituntut oleh agama? Adakah sepanjang bulan Ramadhan ini kita diminta berlumba-lumba untuk mengumpul pahala atau berlumba-lumba menjadi loba?

Perlu dan mestikah kita sambut hari raya dengan mewah, baru, berpasang-pasang, berjenama dan berpuas-puas. Apakah kita fikir anak jiran sebelah rumah kita akan dapat apa yang dia akan lihat pada kita. Alangkah sedihnya dia jika melihat kita berbaju baru sedangkan dia di pagi ini sedih dan pilu mengenangkan nasibnya yang yatim piatu, yang tiada ini dan itu

Fikir-fikirkan…

(Sumber: Sahrulazmi Sidek, 2009, I Love Ramadhan, cetakan ke-2, hlm. 164)
◄ New Post Old Post ►
 

Copyright 2012 Liputan Sejarah Indonesia: Agustus 2009 Template by Bamz | Publish on Bamz Templates